CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI SK IZIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL SEKOLAH

Home » » CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI SK IZIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL SEKOLAH
CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI SK IZIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL SEKOLAH. Setiap Satuan Pendidikan diwajibkan untuk mempunyai ijin beroperasi dan mendirikan Sekolah dengan persetujuan dari Pemerintah. Apabila tidak mempunyai hal tersebut maka dilarang untuk beroperasi seperti mengajar siswa/siswi dab tidak boleh mendirikan bangunan sekolah di atas tanah pemerintah. Walaupun ada keniatan baik dalam mencerdaskan bangsa sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 namun tidak sesuai aturan yang berlaku maka dianggap ilegal oleh Pemerintah. Itikad baik memang baik dan perlu, tetapi kita tahu bahwa di Indonesia mempunyai hukum yang berlaku yang harus kita patuhi dan cermati.
Sesuai Surat Edaran Nomor 71/SE/2016 tentang Penerbitan Izin Prinsip dan Izin Operasional Lembaga Pendidikan menyatakan bahwa " Izin Operasional lembaga pendidikan tetap berlaku sepanjang lembaga pendidikan dimaksud masih beroperasi dan tidak mengalami perubahan nama, alamat, dan status lembaga, sehingga lembaga pendidikan tidak perlu mengurus perpanjangan izin operasional". Dalam kutipan surat edaran diatas bahwa Surat Izin Operasional dapat kita ajukan ulang apabila dalam Lembaga Pendidikan tersebut tidak ada perubahan baik nama ataupun alamat serta status kelembagaan, namuan bagaimana kalau surat Izin Operasional tersebut hilang entah kemana karena sudah lama atau tertimpa bencana sehingga Surat Izin Operasional tersebut hilang ?. Apalagi kalau SK tersebut secara tiba-tiba dibutuhkan untuk salah satunya adalah kelengkapan Akreditasi.
CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI SK IZIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL SEKOLAH

Pertanyaan diatas memang sangatlah penting kita bahas dalam artikel ini, tidak ada sesuatu yang tidak bisa terselesaikan begitu juga dalam hal ini. Apabila di lembaga pendidikan kalian mengalami permasalahan diatas tidak perlu khawatir karena ada solusi yang dapat kita lakukan. Solusinya adalah kita membuat beberapa surat yang berkaitan dengan Surat Keterangan Pengganti SK Izin Pendirian Sekolah dan Operasional. Untuk mendapatkan surat tersebut dibutuhkan beberapa surat sebagai pendukung, yaitu antara lain :
  1. Surat Permohonan Izin Operasional (dibuat oleh lembaga/satuan pendidikan) Contoh
  2. Surat Permohonan Pengganti Izin Operasional (dibuat oleh lembaga/satuan pendidikan) Contoh
Surat Pendukung diatas dibuat oleh Sekolah anda yang di tanda tangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan dan di tujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan setempat. Ketika anda sudah mendapatkan surat Keterangan tersebut kami himbau agar menjaga baik-baik surat tersebut bila perlu dilaminating atau di bingkai dan diletakkan di dinding sekolah Ruangan Kepala Sekolah. Karena sewaktu-waktu surat tersebut dibutuhkan kembali sebagai pengganti Izin Pendirian dan Operasional Sekolah anda yang hilang.
Semoga artikel ini yang berjudul "Cara Mendapatkan Surat Keterangann Pengganti SK Izin Pendirian dan Opersional Sekolah" bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

.
Share this article :