CARA REGISTRASI UNTUK MASUK KE VERVAL SP, PTK DAN PD

Home » » CARA REGISTRASI UNTUK MASUK KE VERVAL SP, PTK DAN PD
CARA REGISTRASI UNTUK MASUK KE VERVAL SP, PTK DAN PD. Saya akan menerangkan terlebih dahulu apa gunanya dan manfaat dari Verval PD, Verval PTK dan Verval SP.
1. Verval SP ( Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan ) adalah sebuah situs resmi yang dibuat oleh kemendikbud untuk menverifikasi dan validasi atau mengubah data Sekolah yang tidak bisa diubah di Aplikasi Dapodik, Semua data / Informasi Sekolah kita tertualng pada Verval SP ini.
Situs : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/

2. Verval PTK (Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ) adalah situs resmi dari kemendikbud untuk mengetahui ke validasian dari data PTK yang diambil dari Aplikasi Dapodik, untuk Verval PTK ini disamping mengetahui data pribadi setiap PTK dari Satuan Pendidikan, Sekarang sudah bertambah fungsi sebagai pengajuan NUPTK Baru bagi PTK yang belum memiliki NUPTK.
Situs : http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

3. Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) adalah sebuah situs resmi dari kemendikbud yang berfungsi untuk menvalidasi dan menverifikasi Status NISN dari siswa di Seluruh Indonesia, pada tahun 2015 dan 2016 Verval PD ini difungsikan untuk mengajukan NISN pada Siswa secara online, namun sekarang untuk siswa yang baru masuk atau siswa baru ketika sudah masuk ke Aplikasi Dapodik terus di Sinkronisasi maka secara otomatis akan masuk ke data pusat Verval PD serta Pengajuan NISN sudah otomatisakan masuk dengan sendirinya.
Situs : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Nah.... okeh sobat tidak usah panjang lebar, langsung saja disini saya akan menerangkan bagaimana langkah-langkah untuk meregistrasi agar kita bisa masuk ke Verval-verval diatas.

Langkah 1 : buka situs : http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Langkah 2 :Cari menu Registrasi Anggota dan Pilih Operator Sekolah

 Langkah 3 : Isi data pribadi anda sebagai Operator Sekolah dan isi email Pribadi dengan Email Dapodik   dan passwordnya, serta lampirkan/ upload Surat Tugas yang sudah di Scan (Scan Surat Tugas Asli Stempel Basah) dan klik Registrasi. Contoh Surat Tugas Bisa anda Download disini Surat Tugas

Langkah 4 : Setelah anda sudah registasi, anda bisa lihat status registrasi anda

Langkah 5 :Ketik email pribadi yang sudah anda isi pada waktu registrasi, dan klik cek
Langkah 6 :Anda bisa lihat status registrasi anda, apabila berhasil anda bisa langsung login, namun apabila sedang dalam proses/dalam antrian bersabarlah...... mungkin 3hari atau paling lambat 1 minggu.


Sekian dan terima kasih...
Semoga bermanfaat
.
Share this article :