CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT

Home » » CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT
Cara mudah membuat  video pembelajaran dengan PowerPoint. Sekarang guru dituntut untuk dapat menggunakan ICT, terutama dalam proses pembelajaran. Sudah ketinggalan zaman kalau ada seorang guru mengajar dengan cara lama konvensional, padahal sekarang sudah ada Teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Segala pekerjaan Manusia sekarang menggunakan Teknologi Komputer salah satunya adalah Profesi seorang Guru. Cara guru menggunakan Teknologi Komputer bukan hanya dalam mengerjakan administrasi Guru/Sekolah tetapi bisa juga dengan membuat video Pembelajaran / Tutorial yang berkaitan dengan materi yang akan diterangkan.. Untuk itu disini saya akan menjelaskan secara rinci step by step dalam membuat video Tutorial.
1. Pastikan komputer anda terinstalasi Minimal Microsoft Office versi 2013 kalau tidak versi 2013 keatas seperti 2016. Apabila belum bisa anda Download di Alamat https://www.microsoft.com

2. Download Office Mix di alamat mix.office.com
Aplikasi office mix merupakan aplikasi terbaru yang dikelurakan oleh Microsoft untuk memperbaiki aplikasi power point yang sudah ada. Office Mix dapat menjadikan presentasi PowerPoint menjadi pembelajaran interaktif secara online. Office Mix ini terintegerasi dengan Microsoft Office PowerPoint 2013 yang memungkinkan dapat untuk merekam audio maupun video dari diri sendiri, menulis tiap slide waktu guru mengajar, menambahkan kuis, polling, video online, dan masih banyak lagi. Sehingga bila terkoneksi internet, guru dapat menyajikan bahan pelajaran kepada siswa lebih interaktif.
 

Membuat Video Pembelajaran Dengan PowerPoint Offix Mix
 3. Instal Aplikasi yang telah diinstal, terus anda buka Microsoft PowerPoint lihat menu bar yang ada disebelah kanan atas, maka akan terlihat menu "mix".
4. Setelah anda membuka menu "Mix" sekarang tinggal anda lihat dan pelajari setiap item pada menu "Mix" untuk membuat video Tutorial.
Berikut fungsi setiap fitur pada Office Mix cara mudah membuat Video Pembelajaran.
1. Slide Recorde Record


Pada mode perekaman, anda bisa merekam audio dan video diri anda sendiri sedang menarasikan tiap slide, termasuk juga waktu anda menulis atau menggambar (jika anda menggunakan komputer touchscreen). Semua dapat dilakukan dengan mudah dengan berbagai visual efek dan efek audio. Fitur kuis untuk latihan pun dapat dibuat.
2. Screen Recording
Selain itu, jika anda sedang mengajar tentang komputer, anda bisa menggunakan fitur Screen Capture untuk merekam aktivitas komputer. Dengan mengklik “screen recording”, anda bisa mempraktekkan apa yang anda lakukan di komputer dan merekamnya untuk bisa dilihat oleh orang lain

Setelah sudah mengetahui secara teori anda bisa lihat cara membuat video Pembelajaran melalui Video dibawah ini.






.
Share this article :